Selasa, 04 Oktober 2011

Perkembangan E-Commerce di Indonesia pada tahun 2011

Perkembangan E-Commerce di Indonesia saat ini sedikit banyak di pengaruhi oleh negara-negara maju seperti Amerika Serikat.  Dengan ribuan inovasi cara belanja yang dihadirkan para merchant, warga AS semakin dimudahkan mendapat barang yang mereka inginkan secara mudah, cepat, dan aman. Namun pertanyaannya, samakah kondisi tersebut dengan penerimaan e-commerce di Indonesia?

Sekarang ini di Indonesia pengguna internet sudah semakin banyak, bahkan Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu dari 5 negara dengan jumlah pengguna terbanyak di Asia. Dengan adanya fakta ini para bisnisman di Indonesia  memanfaatkan adanya teknologi internet ini dengan memberikan fitur-fitur yang memudahkan para konsumen dan juga inovasi-inovasi baru yang sangat membantu para konsumen untuk mengetahui dan  untuk melihat produk mereka meskipun tidak secara langsung dengan melalui internet, banyak pula kemudahan yang dapat dilakukan dengan menggunakan internet, salah satunya adalah memudahkan untuk melakukan pembelian barang dengan Online Shop yang sekarang ini sedang marak di dunia E-Commerce dunia termasuk di Indonesia. Banyak pula kemudahan yang di berikan dengan sistem Online Shop ini, contohnya seperti tiket pesawat terbang yang dahulu kita harus datang ke maskapai penerbangan sekarang dengan sangat mudah dapat dilakukan dengan melalui internet, cukup dengan mengisi beberapa form maka pembayaran tiket dapat dilakukan. Fitur-fitur lainnya adalah E-banking yang dimana hanya dengan membuka hp dapat melakukan transaksi tanpa harus menuju bank ataupun menuju mesin ATM untuk melakukan transaksi.

Semakin banyaknya pengguna internet dan para bisnisman yang menggunakan internet sebagai tempat pemasarannya ini salah satunya di sebabkan oleh semakin murahnya biaya hosting , semakin murahnya biaya internet yang di berikan oleh para provider internet di Indonesia, semakin beragamnya provider-provider yang ada di Indonesia, dan  semakin banyaknya pengguna situs jejaring sosial dan juga pengguna internet. Namun apakah di Indonesia fitur-fitur unggulan tadi dapat di serap dengan baik?karena hanya dengan menyerap fitur-fitur unggulan tersebut maka E-Commerce di Indonesia akan semakin berkembang dan berjalan baik.

Mengutip Detik.com, Chairman Sharing Vision Dimitri Mahayana dari Lembaga Riset Telematika Sharing Vision menyatakan bahwa perdagangan melalui internet di Indonesia pada 2009 telah mencapai 3,4 juta dolar atau setara dengan Rp 35 triliun. Jumlah ini tentu sebuah angka fantastis yang menunjukkan potensi besar dari sistem e-commerce di Indonesia.

Namun jika di bandingkan dengan pendapatan E-Commerce di Amerika yang mencapai angka 35 milliar dolar, Indonesia hanya mampu mencapai 10% dari total jumlah itu. Apakah perbandingan ini relevan dengan yang kita gunakan, atau tidak?

Menurut Head of Investor Relations MNC Online Division David Audy, para pengguna internet di Indonesia masih harus mengalami “penyesuaian” booming internet dengan sistem e-commerce di Indonesia. Dengan kata lain, calon pembeli masih membutuhkan edukasi transaksi online agar benar-benar yakin untuk membelanjakan uangnya secara online yang menyuguhkan kemudahan sekaligus aman.

Dengan adanya Komentar dari David Audy tersebut maka Indonesia dapat dikatakan masih berada di tingkatan awal dalam E-Commerce ini mengingat Indonesia juga baru-baru saja mengenal sistem Internet dan Online Shoping ini jika di bandingkan dengan negara maju seperti Amerika Serikat. Dan hal ini di dukung dengan fakta yang ada sekarang dimana penjualan dan pembelian online di Indonesia yang semakin terus meningkat dengan seiringnya waktu. Dan hal ini juga di dukung lagi dengan fakta bahwa setiap tahun pengguna internet di Indonesia sendiri terus meningkat. Ini adalah pertanda yang baik untuk memulai bisnis Online di Indonesia.

Saya menyatakan bahwa tulisan ini tidak plagiat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar